Jika Brasil khawatir persiapan Piala Dunia 2014, kali ini justru optimis

By Onix Octarina - April 26, 2018

Neymar Jr, Brasil, Ekuador, Kualifikasi Piala Dunia
Para pemain Brasil mengikuti sesi latihan
Source: di sini
Timnas Brasil berhasil menjadi negara pertama yang memastikan lolos ke putaran Piala Dunia 2018 di Rusia. Tim sepak bola negeri Samba ini berhasil meraih 8 kemenangan beruntun untuk memastikan 1 dari 4 tiket jatah zona Amerika Selatan.

Brasil menorehkan rekor luar biasa pada kualifikasi Piala Dunia 2018. Dari 14 laga, mereka hanya menelan 1 kali kekalahan dari Cile. Kekalahan itu diderita pada laga pertama kualifikasi Oktober 2015 lalu. Bermain di kandang lawan, Brasil harus tunduk 2-0. Setelah kekalahan itu, perjalanan Brasil yang saat itu masih ditangani Dunga bukannya tanpa hambatan. Mereka hanya mampu 2 kali menang dan 3 kali bermain imbang dalam 6 laga pertama kualifikasi.

Piala Dunia 2018 tinggal hitungan bulan. Brasil sebagai negara yang memiliki akar sepak bola yang kuat enggan melewatkan pesta akbar ini tanpa menggondol trofi juara. Empat tahun lalu, Brasil babak belur di Piala Dunia yang dihelat di kandang sendiri. Di hadapan publiknya tim Samba terpuruk dan gagal menembus babak final.
brasil
Pekerjaan konstruksi di Arena da 
Amazonia Stadium 2 Agustus 2013
Source: di sini
Kegagalan ini bisa jadi atas kekhawatiran timnya karena harus menjadi tuan rumah Piala Dunia. Akibat pekerjaan konstruksi stadion yang siap pakai, Brasil dalam dua bulan terakhir, dilanda protes anti korupsi dan penolakan atas anggaran yang berlebihan untuk persiapan Piala Dunia 2014 dan Olimpiade 2016 di Rio. Hanya satu dari enam stadion yang dibangun memiliki pekerjaan konstruksi yang sesuai jadwal. Stadion tempat penyelenggaaraan pertandingan pembuka di Sao Paulo sudah 84% dibangun dan diharapkan siap pada akhir tahun ini, sesuai keinginan penyelenggara Piala Dunia, Fifa.
Kekhawatiran yang besar terhadap pekerjaan konstruksi di Manaus, Curitiba, Cuiaba, Porto Alegre dan Natal, yang hanya 71% selesai mungkin menjadi peringatan atas ‘kerja tim’ Brasil yang perlu tingkatkan.

4 tahun telah berlalu, timnas Brasil tentu tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan emas lagi. Persiapan selama 6 bulan didorong oleh optimisme dari anggota timnas. Sebut saja Neymar, suasana berbeda kini dirasakan oleh Timnas Brasil. Mereka lebih optimistis menghadapi turnamen akbar empat tahunan itu.
"Semua orang percaya diri dan senang menunggu Piala Dunia. Itu tidak ternilai harganya." -Neymar

Neymar juga ikut saat Brasil gagal mengangkat trofi di Piala Dunia 2014 lalu. Namun aksinya terhenti lebih awal karena mengalami cedera punggung usai dilanggar pemain Kolombia, Juan Zuniga. Namun Neymar telah melupakan memori kelam tersebut.

Kita doakan saja jagoan ini bisa menjaga keoptimisan sampai ajang Piala Dunia 2018 dimulai ya! Karena katanya, dari kegagalan kita bisa belajar sesuatu~



Data pendukung:
https://bola.tempo.co/read/860557/brasil-lolos-ke-piala-dunia-2018-begini-perjalanannya
http://www.bbc.com/indonesia/olahraga/2013/08/130814_piala_dunia_brazil
https://www.liputan6.com/bola/read/3181690/piala-dunia-2018-neymar-bertekad-bawa-brasil-juara

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar