Lolos Piala Dunia Pertama Kali, Islandia Berkunjung ke Indonesia Melakoni Dua Partai Uji Coba

By Onix Octarina - Maret 12, 2018

Islandia mencatat sejarah sebagai negara terkecil yang lolos ke Piala Dunia setelah menang 2-0.
Source: di sini
Setiap tim nasional sepak bola pasti selalu memimpikan untuk tampil di kejuaraan sekelas Piala Dunia. Tak jarang sebuah tim nasional berusaha untuk lolos ke putaran utama Piala Dunia lewat ‘jalur darat’ dengan mengikuti kualifikasi, salah satu negara yang kini jadi bahan perbincangan yaitu Islandia. Negara yang hampir mengalami musim dingin sepanjang tahun ini baru saja merayakan kemenangannya saat membantai Kosovo. Islandia menjadi 1 dari 9 tim nasional yang berhak untuk melenggang ke Moscow pada Juni 2018.

Mungkin berkah dari EURO 2016, sepak terjang tim nasional Islandia yang saat ini dilatih oleh Heimir Hallgrímsson tampaknya tidak mau berhenti pada gelaran sepak bola yang mempertemukan negara-negara terbaik di Eropa. Pasalnya, sejak EURO 2016 yang digelar di Prancis, nasib mujur itu berdatangan silih berganti.
Islandia yang baru pertama kali menjalani debut setelah lolos dari babak kualifikasi pun langsung menjadi kejutan dengan keluar sebagai Runner-up. Islandia tergabung dalam Grup A yang juga berisi negara-negara seperti Belanda, Kazakhstan, Ceko, Turki dan juga Latvia. Menariknya, Ceko dan Turki pun lolos di peringkat pertama dan ketiga, sementara Belanda gagal lolos ke fase berikutnya. Di fase lanjutan, Timnas Islandia tampil mengejutkan sebelum akhirnya terhenti di fase 8 besar dikalahkan Timnas Prancis.
Tak dapat dipungkiri, tim yang penuh kejutan ini turut menyambangi pertarungan di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 ini. Terakhir Gylfi Sigurdsson dan Johann Berg Gudmundsson memastikan kemenangan dengan skor 2 kosong dan memastikan 1 tiket langsung dengan predikat juara grup!

Islandia Berkunjung ke Indonesia
Ada banyak pengamat dan supporter sepak bola yang beranggapan bahwa Brasil, Inggris, atau Spanyol memiliki peluang besar menjadi juara dunia. Tapi apa jadinya kalau tim seperti Islandia menjadi juara dunia ya? Pasti makin seru.
Islandia diprediksi akan meneruskan tren positif dalam gelaran kali ini. Apalagi komposisi pemain Islandia masih sama dengan materi yang mereka pakai pada EURO 2016. Untuk mempersiapkan diri berlaga, Islandia memilih untuk berkunjung ke Indonesia. Kesebelasan berjuluk Strakarnir Okkar (Our Boys) ini melakoni dua partai uji coba di Indonesia. Di mana saja?


Islandia baru saja menghadapi Indonesia Selection pada laga pertama latih tandingnya di Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada 11 Januari lalu. Skuat Indonesia Selection dihuni oleh para pemain yang mengumpulkan suara terbanyak berdasarkan hasil pemungutan suara oleh PSSI. 3 hari berikutnya, tepat pada 15 Januari, Timnas Islandia melangsungkan pertandingan persahabatan dengan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. 

Islandia berkunjung ke Indonesia
Source: di sini

Bukan tanpa alasan Islandia menjadikan Indonesia sebagai destinasi sebelum terjun di Piala Dunia 2018. Timnas membutuhkan partai uji coba dalam rangka menyongsong Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Melawan Islandia tentu akan membawa dampak positif terhadap Timnas Indonesia.
"Indonesia merupakan salah satu pasar sepak bola yang besar di dunia dan punya antusiasme suporter yang luar biasa. Laga ini menjadi simbiosis untuk Indonesia yang akan tampil di Asian Games 2018 dan Islandia yang akan bermain di Piala Dunia 2018," -Managing Director MediaPro Asia, Lars Heidenreich selaku promotor uji coba

Piala Dunia 2018 menjadi kali pertama Islandia berpartisipasi. Perjuangan Strakarnir Okkar yang biasanya mentok di babak kualifikasi, membawa kegemilangan Islandia dalam dekade ini. Pada Piala Dunia edisi pertamanya, Islandia tergabung di Grup D. Lawan-lawan yang akan dihadapi Strakarnir Okkar adalah Argentina, Kroasia, dan Nigeria. Dengan populasi 332,529 jiwa, Islandia menggeser Trinidad & Tobago sebagai negara terkecil yang menjadi peserta Piala Dunia. Negara Kepulauan Karibia tersebut membukukan rekor itu pada Piala Dunia 2006 lalu. Islandia tentu mencetak rekor dalam sejarah turnamen akbar empat tahunan itu.

Islandia datang ke Indonesia dengan kekuatan lapis kedua. Tidak ada nama-nama pesepak bola yang bermain di kompetisi elit Eropa. Gelandang Everton, Gylfi Sigurdsson tidak dipanggil. Begitu pula sosok kapten, Aron Gunnarsson, yang juga urung disertakan.
Pelatih Hallgrimsson membawa 23 pemain dalam lawatannya ke Tanah Air. Komposisi skuat yang dibawa rata-rata masih berusia muda. Ragnar Sigurdsson menjadi pemain paling berpengalaman dalam skuat Islandia. Bek berusia 31 tahun ini telah mengoleksi 74 penampilan untuk Strakarnir Okkar.
“Pemain muda yang kebanyakan saya bawa ke Indonesia, mereka baru memulai karier profesional di klub masing-masing. Kebanyakan dari mereka kini tengah merintis karier beberapa negara Skandinavia, Inggris, juga ada yang di Belgia,” – Hallgrimsson

Ini dia sederetan 23 pemain Islandia untuk pertandingan uji coba melawan Indonesia Selection dan Timnas Indonesia:
Kiper               : Runar Alex Runarsson, Frederik Schram, Anton Ari Einarsson
Belakang        : Ragnar Sigurdsson, Sverrir Ingi Ingason, Jon Gudni Fjoluson, Haukur Heidar Hauksson, Holmar Orn Eyjofsson, Hjortur Hermannsson, Bodvar Bodvarsson, Vio Ari Jonsson, Felix Orn Fridriksson
Gelandang     : Arnor Smarason, Arnor Ingvi Traustason, Aron Sigurdarson, Hilmar Arni Halldorsson, Mikael Neville Anderson, Samuel Kari Friojonsson.
Penyerang      : Bjorn Bergmann Sigurdarson, Ottar Magnus Karlsson, Kristjan Floki Finnbogason, Tryggvi Hrafn Haraldsson.

Hallgrímsson mengatakan bahwa timnya akan terus melangkah maju, salah satu caranya yaitu dengan membawa mereka ke pertandingan persahabatan dengan negara lain yaitu Indonesia. Kinerja tim sudah bagus dan ini akan menjadi pengalaman berharga bagi mereka.







Data didukung dari sumber:
Artikel: Profil Timnas Islandia: Ujian Sebelum Piala Dunia 2018, diakses pada 27 Februari 2018 di https://www.bola.com/indonesia/read/3219022/profil-timnas-islandia-ujian-sebelum-piala-dunia-2018

Artikel: Sejarah Tercipta! Tim Ini Lolos Langsung Ke Piala Dunia 2018 untuk Pertama Kali, diakses pada 27 Februari 2018 di http://24jambola.com/sejarah-tercipta-tim-ini-lolos-langsung-ke-piala-dunia-2018-untuk-pertama-kali/

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar