Kejutan Italia di Piala Dunia 2018, Apa Kata Penggemar?

By Onix Octarina - Maret 01, 2018

Source: di sini
"Sungguh mengecewakan kemunduran bagi Timnas Italia yang berstatus juara dunia 4 kali, tidak masuk Piala Dunia adalah aib bagi negara tersebut dan tangis bagi rakyat Italia. Butuh pelatih dan regenerasi pemain, butuh perubahan dan harus di dukung oleh semua pihak" - Nicolas Sitinjak (Penggemar Timnas Italia)


Kabar yang mengejutkan datang dari Timnas Italia. Awalnya timnas ini masih memiliki sedikit harapan untuk tampil pada Piala Dunia 2018. Kabar itu muncul setelah terjadi gonjang-ganjing di Peru, negara terakhir yang memastikan diri lolos ke Rusia untuk musim panas 2018. Italia menjadi sejarah kegagalan pertama "Gli Azzurri" sejak 1958 yang sebenarnya memiliki tim yang terbilang kompetitif.

Kegagalan tim nasional Italia lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 masih menyisakan pertanyaan. Hal itu ternyata juga berlaku di benak striker Nice, Mario Balotelli.
Ia mengaku keheranan, katanya taktik yang digunakan pelatih Giam Piero Ventura tidak sesuai untuk memenangi laga. Pemain Italia disebut telah tampil dengan sungguh-sungguh demi meraih kemenangan, tetapi tak satu pun gol yang berhasil tercipta pada 4 x 45 menit.
Timnas Italia gagal ikut serta di Piala Dunia 2018 setelah disingkirkan oleh timnas Swedia di babak play-off Kualifikasi Zona Eropa. Setelah kalah 0-1 di kandang Swedia pada leg pertama, hasil itu membuat Pelatih Giampiero Ventura dipecat oleh FIGC. Italia hanya mampu bermain imbang tanpa gol di kandang sendiri.
"Pertandingan tersebut membuat saya marah setelah melihat para pemain menunjukkan kesungguhan mereka di lapangan. Sangat jelas bahwa ada masalah taktis yang hilang di balik kualitas tim," ucap Mario Balotelli seperti dikutip BolaSport.com dari Sky Italia.

Mungkinkah Italia sebenarnya ingin mencicipi bagaimana rasanya duduk di bangku penonton saat Piala Dunia 2018 digelar? Hahaha. Jangan dianggap serius bung.
Semua yang terjadi punya alasannya tersendiri, tidak ada yang tahu.
Padahal Italia sudah berusaha dan berupaya untuk menjaga tradisi “kemenangan” dari tahun ke tahun (Baca: Keunikan Italia dan Jepang dalam menjaga Tradisi).

Kegagalan lolos ke putaran final Piala Dunia ini adalah kali pertama bagi Italia dalam 60 tahun terakhir setelah sempat gagal lolos ke Piala Dunia edisi 1958 di Swedia.
Sementara itu, legendaris Timnas Italia, Paolo Maldini tak terkejut Gli Azzurri gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Mantan bek AC Milan itu melihat timnas Italia tak tersentuh perubahan, sehingga wajah lama mendominasi skuat saat ini.
Kok bisa ya?!
"Saya masih melihat wajah yang sama di sepak bola Italia sejak saya pensiun dari tim nasional 15 tahun yang lalu," kata Maldini kepada La Repubblica seperti dilansir football-italia.net.
Maldini bermain 126 kali untuk Italia sebelum pensiun dari sepak bola internasional pada tahun 2002. Pria tersebut tampaknya menyalahkan situasi di timnas yang malas melakukan perubahan skuat.
Maldini berharap Gli Azzurri segera move on, dan membangun kembali kehormatan Italia.
"Dari kekecewaan yang begitu besar, kita bisa memulai lagi dan menjadikan itu sebagai sebuah kesempatan," katanya.

Melihat kejutan Italia pada Piala Dunia 2018, lalu apa kata para penggemar?
Dikutip dari beberapa sumber, banyak penggemar selaku “netizen” berkomentar lewat media sosial. Adanya yang meramaikannya di twitter dan sosial media lain, ada juga melalui Meme.
"Kita perlu membangun kembali pondasi kita sehingga bisa menghadapi (masa depan) tanpa rasa takut"

Piala Dunia tanpa Italia bagai sayur tanpa micin! Kurang gurih”

“Tak apa-apa Piala Dunia tanpa Italia akan tetap seru, buktinya AFF tanpa Italia pun seru”

“Italia cuma mau memastikan diri buat jadi penonton di Russia nanti kok”

Dari kecil baru kali ini gak liat italia di Piala dunia”

“Seperti Gianluigi Buffon telah memainkan pertandingan terakhirnya untuk Italia. Dia akan sangat dirindukan. Pria yang hebat, kiper besar. Kredit untuk kariernya di sepak bola,” tulis legenda timnas Inggris, Gary Lineker, melalui Twitter.

“Jika ada ketidakadilan dalam sepak bola, maka itu adalah Gigi Buffon harus mengakhiri karier bersama timnas Italia seperti ini,” tulis akun Twitter @dangerousattack.

Apakah benar Italia sebenarnya tidak melakukan perubahan? Atau Italia sudah menganggap kalau timnya hebat? Itu hanya asumsi saja, kita sama-sama berharap bahwa Timnas Italia yang diunggulkan boleh belajar dari kegagalan. Semoga memberi kejutan yang baru untuk Piala Dunia 2022 ya!! Cheer up!








Data ini didukung dari sumber:
Artikel: Ini Penyebab Kegagalan Italia ke Piala Dunia 2018 versi Paolo Maldini, diakses tanggal 28 Februari 2018 di https://soccer.sindonews.com

Artikel: Balotelli Bicara soal Kegagalan Italia ke Piala Dunia 2018, diakses tanggal 28 Februari di https://bola.kompas.com/read/2017/12/21/13451018/balotelli-bicara-soal-kegagalan-italia-ke-piala-dunia-2018 

Artikel: Kisruh Sepak Bola Peru Bisa Bikin Italia Lolos ke Piala Dunia 2018, diakses tanggal 28 Februari 2018 di
https://bola.kompas.com/read/2017/11/24/09500008/kisruh-sepak-bola-peru-bisa-bikin-italia-lolos-ke-piala-dunia-2018 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar