Uniknya Cara Berjalan Panda Ini Tidak Lebih Unik dari 8 Fakta Islandia Lolos Piala Dunia 2018

By Onix Octarina - Maret 10, 2018

Sosok hewan berbadan besar yang satu ini, membuat seluruh penduduk dunia jatuh cinta. Di Indonesia, panda juga akan didatangkan ke kebun binatang kita seperti Taman Safari Indonesia (TSI), Cisarua. Jadi kita bisa melihat panda tanpa harus ke China. Panda telah menjadi maskot China, yang kini telah menjadi populer dari pada jenis beruang lain. Meski terlihat imut dan menggemaskan panda merupakan hewan yang unik.
Selain menggemaskan,  banyak diantara kita sampai mengkoleksi pernak pernik yang mencirikan panda, tapi apakah kalian sudah mengetahui tentang tata cara mereka menjalani hidup atau tentang fakta yang mungkin saja belum pernah kalian dengar di beberapa hewan lain?

Di Berlin, Jerman, seekor panda memiliki gaya berjalan yang unik. Setelah dikirim dari China, panda yang bernama Meng Meng menunjukkan sikap yang tidak biasa. Ia berjalan mundur selama dalam penangkaran. Kebiasaan yang tak lazim ini terjadi pada Meng Meng karena frustrasi dengan kehidupan barunya. Jalan mundur bisa jadi bentuk protesnya terhadap hal-hal yang tidak ia sukai, baik itu makanan ataupun perawat.

Meng Meng telah tiba di Jerman sejak pertengahan tahun. Pemerintah China meminjamkan panda itu kepada pemerintah Jerman. Panda tersebut diserahkan langsung oleh Presiden China, Xi Jinping, kepada Kanselir Jerman, Angela Markel. 
Source: di sini
Berbicara hal yang unik, ada berbagai peristiwa yang unik dan mengejutkan terjadi di Piala Dunia 2018. Salah satunya Islandia menjadi negara yang lolos Piala Dunia dengan populasi terkecil.

Timnas Islandia melanjutkan cerita ajaib mereka tahun ini. Setelah mencapai perempat final di Piala Eropa 2016, Timnas Islandia untuk pertama kalinya masuk putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. 
Lolosnya Islandia semakin luar biasa karena mereka lolos langsung tanpa perlu melalui fase play-off. Hal itu setelah Gylfi Sigurdsson dan kawan-kawan memuncaki Grup I dengan 22 poin dari 10 partai. Islandia sukses menyingkirkan Turki dan Ukraina yang notabene lebih berpengalaman. Mereka juga memaksa Kroasia harus melalui babak play-off sebelum memastikan diri lolos.

Pelatih Islandia, Heimir Hallgrimsson menilai timnya layak masuk Piala Dunia. Sebelum berhasil di Piala Eropa 2016, Timnas Islandia tak begitu mendapat perhatian publik. Namun, keberhasilan di Piala Eropa 2016 membuka mata publik bahwa sepak bola Islandia mulai memuncak.

Sama halnya dengan cara berjalan panda yang unik, Islandia juga punya fakta menarik terkait timnas dan sepak bolanya.

1. Negara dengan populasi terkecil di Piala Dunia 2018
Islandia akan menjadi negara dengan populasi paling sedikit di antara kontestan Piala Dunia lainnya. Seperti dilansir ESPN, Islandia saat ini dihuni oleh 334 ribu penduduk.
Jumlah tersebut bahkan mungkin tak lebih dari jumlah penduduk satu kecamatan di Jakarta! Total penduduk Jakarta sendiri berjumlah 9 juta orang.
Namun di balik jumlah yang kecil itu, Islandia punya cukup banyak pelatih berkualitas. Seperti dilansirStrait Times, Islandia punya 600 pelatih berkualitas dengan 400 di antaranya memegang lisensi UEFA B.
Dengan jumlah sebanyak itu, Federasi Sepak bola Islandia (KSI) bisa leluasa mengirim pelatih berkualitas hingga ke level usia dini.
"Salah satu bagian sukses yang nyata di sini adalah, mereka punya pelatih yang sangat terdidik yang mulai melatih anak-anak usia lima sampai enam tahun," - Lars Lagerback, mantan pelatih timnas Islandia
Source: di sini
Pemain Timnas Islandia,
Gylfi Sigurdsson merayakan gol ke gawang Kosovo

2. Lebih dari 100 stadion untuk fasilitas sepak bola

Dinginnya iklim di Islandia membuat hampir semua lapangan sepak bola dibangun di dalam ruangan (indoor). Suhu terhangat di Islandia hanya mencapai 10-13 derajat celsius.
Menghadapi iklim yang ekstrem, Islandia tidak kehilangan akal. Seperti dilansir BBC, mereka menggelontorkan dana untuk membangun fasilitas lapangan indoor. Kebijakan ini sudah dimulai sejak 15 tahun silam.
Source: di sini
Islandia membangun 100 stadion
Islandia juga membangun lebih dari 100 stadion dengan fasilitas nomor wahid. Mereka ingin memastikan setiap pemain muda punya fasilitas untuk bermain sepak bola. Proyek ini sudah dipersiapkan sejak lama dan hasilnya Islandia berhasil menembus Piala Dunia.
Lapangan-lapangan itu dibangun berdekatan dengan sekolah. Dalam pengurusannya, pembangunan stadion bekerja sama dengan klub dan pemerintah lokal.

3. Liga empat bulan

Tak seperti Liga Inggris yang berlangsung sekitar sembilan bulan, Liga Islandia hanya berdurasi empat bulan. Ini karena iklim dingin yang ekstrem di Islandia.
Saat musim dingin, rata-rata temperatur di sana mencapai 0 hingga -10 celsius. Namun suhu bisa mencapai -25 hingga -30 celsius pada bulan Desember. Suhu terendah Islandia sendiri tercatat pernah mencapai hingga -39 celsius.
Source: di sini
Raut wajah Kapten Timnas Islandia,
Aron Gunnarsson bahagia
Tak adanya kompetisi memadai tidak membuat Islandia menyerah. Untuk mensiasatinya, Islandia menitikberatkan pada pengembangan pemain muda. Sumber daya manusia maupun infrastruktur dimaksimalkan untuk mencetak pemain berkualitas di usia sedini mungkin. Pada akhinya, para pemain tersebut nantinya akan bermain di luar negeri. Semua pemain timnas Islandia saat ini bermain di luar Islandia. Liga Primer Inggris jadi salah satu tujuan para pemain Islandia selain Liga Denmark, dan Swedia.

4.Dilatih oleh dokter gigi
Pelatih timnas Islandia, Heimir Hallgrimsson, juga memiliki pekerjaan lain sebagai dokter gigi yang memiliki tempat praktek di Islandia.

Hallgrimsson yang berduet bersama Lars Lagerback untuk meloloskan Islandia sampai ke perempat final Piala Eropa. Dilansir BolaSport.com dari Sky Sports, Hallgrimson juga pernah bercerita bahwa pelatih sepak bola dianggap sebagai pekerjaan paruh waktu di negaranya.
Source: di sini
Pelatih Islandia seorang dokter gigi
5. Peringkat ke-131 rangking FIFA
Meski sekarang menjadi salah satu negara "kuda hitam" di Eropa, Islandia pernah mengalami masa-masa yang cukup suram. Negara Skandinavia ini pernah menjadi lumbung gol bagi tim-tim besar Eropa. Akibatnya, mereka sempat terdampar di peringkat ke-131 rangking FIFA dari April hingga Juni 2012.
Source: di sini
Kemenangan Islandia


6. Viking Clap
Meski merupakan negara kecil, para warga dan suporter Islandia terkenal fanatik dalam mendukung timnasnya. Terlihat dalam setiap laga Islandia, para pendukung melakukan gerakan tepuk tangan serentak. Gerakan itu dikenal dengan sebutan Viking Clap, merujuk nenek moyang penduduk Islandia yang merupakan bangsa viking. Gerakan Viking Clap ini biasanya dikomandoi oleh kaptern timnas Islandia Aaron Gunnarsson.

7. Nama Akhiran Son
Semua pemain Islandia memiliki nama dengan akhiran Son. Fakta unik ini terjadi karena negara asal Sigur Ros tersebut menggunakan sistem penamaan Nordic.
Dengan begitu, setiap anak laki-laki memiliki nama depan ayah atau ibu mereka ditambah kata son. Kalau nama anak laki-laki pasti berakhiran son, sedangkan anak perempuan berujung dottir.

8. Profesi pemain mulai dari sutradara hingga rockstar

Sebelum menjadi seorang penjaga gawang professional, Hannes Halldorsson adalah seorang sutradara film. Dia menjadi sutradara video untuk kontestan Islandia pada kontes Eurovision 2012.
Profesi sebagai rockstar datang dari pemain Counter Strike ulung. Gelandang serang Timnas Islandia, Johann Berg Gudmundsson di masa mudanya adalah pemain video game yang handal. Dia pernah menjuarai turnamen video game, Skálfti. Sekarang, Johann juga merupakan seorang gitaris di sebuah band rock di Islandia.

Source: di sini
Pemain Timnas Islandia ini
merupakan personil band rock
Unik-unik ya fakta di Islandia? Sebagai negara yang baru pertama kali lolos di Piala Dunia, patut kita beri acungan jempol. Setelah tahu fakta-fakta tersebut, sepertinya uniknya panda masih kalah daripada fakta Islandia terkait dunia sepak bolanya. 




Data dalam artikel ini didukung oleh sumber: 
5 Fakta Unik Timnas Islandia, diakses pada Maret 2018 di https://www.bolasport.com/internasional/205987-5-fakta-unik-timnas-islandia-dari-dilatih-dokter-gigi-hingga-nama-semua-pemain-berakhiran-son?page=3

Lolos ke Piala Dunia, Ini 3 Fakta Unik Islandia, diakses pada Maret 2018 di http://bola.liputan6.com/read/3125028/lolos-ke-piala-dunia-ini-3-fakta-unik-islandia

Fakta Menarik Negara Terkecil di Piala Dunia 2018,  diakses pada Maret 2018 di http://www.indosport.com/sepakbola/20171012/fakta-menarik-negara-terkecil-di-piala-dunia-2018 


Unik! Panda di Jerman Punya Kebiasaan Berjalan Mundur, diakses pada Maret 2018 di https://news.okezone.com/read/2017/10/23/18/1800840/unik-panda-di-jerman-punya-kebiasaan-berjalan-mundur








  • Share:

You Might Also Like

0 komentar